Mengenal Klinik Jejaring

Klinik Jejaring Padjadajaran merupakan sebuah program yang digagas PT. Rumah Sakit Padjadjaran dalam mengembangkan jejaring kliniknya.   Berawal dari pengelolaan sebuah Klinik Padjadajaran di Unpad Jatinangor dan kebetulan adalah klinik yang awalnya adalah UPT Pelayanan Kesehatan Unpad yang menyerahkan sisi operasional kepada PT. Rumah Sakit Padjadjaran dalam sebuah Kerjasama Operasional antara UNPAD dengan PT. RSP.

Kemudian dalam jangkan waktu kurang lebih 10 tahun (2006-2016), klinik klinik tersebut bertambah banyak menjadi 10 klinik. Adapun proses penambahan klinik klinik tersebut adalah melalui proses sebagai berikut:

A. Kerjasama operasional :

1. Klinik Padjadjaran Jatiangor

2. Klinik Padjadjaran Kiara Husada

3. Klinik Itenas

 

B. Proses Akuisisi klinik

1. Klinik Padjadjaran As Saalam Cikalong – Cianjur

2. Klinik Padjadjaran Keluarga Sukanagara- Cianjur

3. Klinik Padjadjaran Wanaraja

 

C. Mendirikan klinik baru dari awal

1. Klinik Padjadjaran Leles-Garut

2. Klinik Padjadjaran Karangpawitan-Garut

3. Klinik Basmallah Leuwigoong-Garut

4. Klinik Padjadjarn Rende , Kabupaten Bandung Barat.

 

Untuk memudahkan operasional maka ke 10 Klinik jejaring yang tersebar di 5 kabupaten/kota tersebut dibagi dalam 4 regional, yaitu:

1. Regional I, kabupaten Sumedang.

2. Regional II, kabupaten Garut

3. Regional III, Kota Bandung

4. Regional IV, Kabupaten Cianjur dan Bandung Barat.

 

to be continued….

 

(RSP) didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 8 – tanggal 9 November 2004 dan Nomor No. 5 tanggal 6 Oktober 2005. Pengesahan Menteri Kehakiman & HAM No. c-28603. HT. 01. 01. TH.2005, Tgl. 18 Oktober 2005, serta telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 3 Maret 2006, No.18 Tambahan Berita Negara nomor 2363/2006. Perusahaan ini didirikan dengan tujuan khusus bergerak dalam segala bidang kesehatan.

Sesuai dengan namanya, perusahan ini awalnya bergerak untuk memberikan support terhadap institusi pendidikan yang ada di Jawa Barat. Sebagai institusi pencetak dokter, maka diperlukan rumah sakit pendidikan yang dapat menyatukan pendidikan, pelayanan dan pengabdian masyarakat dalam satu tempat.

PT. RS Padjadjaran menjalankan aktivitasnya dimulai pada akhir tahun 2005, pada waktu itu kegiatannya antara lain mengelola beberapa divisi diantaranya adalah divisi Agency Padma, Divisi Kesehatan, Divisi Keuangan dan Divisi HRD. Divisi kesehatan membawahi bidang Klinik Padjadjaran dan JPK Padjadjaran. Seiring dengan perkembangannya dibentuklah divisi-divisi baru diantaranya: Divisi unit bisnis dan divisi penunjang. Divisi unit bisnis terbagi kedalam beberapa divisi yaitu terdiri dari : Divisi CNP (clinik networking program) atau sekarang dikenal dengan nama KJP (Klinik Jejaring Padjadjaran) Divisi Pengembangan Rumah Sakit, Divisi JPK, Divisi Program Pendidikan dan Kemasyarakatan dan Divisi Apotek sedangkan divisi penunjang terdiri dari Divisi Keuangan, Divisi General Affair, dan Divisi HRD.

Beroperasinya BPJS Kesehatan mulai 1 Januari 2014 menjadi momentum perubahan pelayanan pasien menjadi kapitasi yang mendorong upaya preventif promotif dan menekan angka kunjungan kuratif dengan mengupayakan pencegahan

Hingga akhir tahun 2014, PT. RSP berhasil mendirikan dan mengelola 10 klinik yang tersebar di 5 kota/kabupaten di Jawa barat. Jumlah Klinik Jejaring yang dikelola Divisi KJP berjumlah 10 Klinik dan Jejaring Provider Kerjasama lainnya tak kurang dari 50 kerjasama yang dikelola Divisi Kerjasama JPK, baik provider klinik maupun rumah sakit.

Pada akhir tahun 2015, klinik jejaring dikembangkan menjadi 4 regional, yaitu Sumedang, Garut, Bandung, Cianjur & KBB. Pembagian operasional ini diharapkan dapat lebih cepat, efektif & efisien dalam pengembangannya dimasa-masa yang akan datang. Klinik Jejaring Padjadjaran dimasa yang akan datang diharapkan dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan biaya terjangkau, namun tetap mengedepankan pelayanan prima.

Pada perkembangannya kantor RSP sempat mengalami perpindahan beberapa kali sampai akhirnya pada tahun 2017 menempati kantor yang terletak di Jalan Sejahtera no. 25 Bandung.